Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow PIala Asia arrow Australia Juara Asia
Skip to content

Login Form






Lost Password?

Visitors Counter Since 4 Feb 2012

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1580
mod_vvisit_counterYesterday1696
mod_vvisit_counterThis week5441
mod_vvisit_counterThis month37361
mod_vvisit_counterAll5518176

sloganvoli.jpg

Australia Juara Asia PDF Print E-mail
Written by marto   
Monday, 10 September 2007
Terbantu Thailand yang Mengalahkan Jepang 

JAKARTA, (PR).-Meski mengalami kekalahan 2-3 (25-21, 24-26, 25-21, 23-25, 12-15) dari Cina, Australia tampil sebagai juara di Kejuaraan Bola Voli Putra Asia Sampoerna Hijau 2007, yang berakhir Minggu (9/9) di Istora Senayan Jakarta.

Gelar juara yang diraih Australia untuk pertama kalinya ini, tidak terlepas dari "pertolongan" Thailand yang secara mengejutkan mampu mengalahkan juara bertahan Jepang dengan telak 3-0 (25-20, 25-20, 25-23). Jepang sebenarnya memiliki kesempatan untuk mempertahankan gelar juaranya setelah melihat hasil kekalahan Australia dari Cina.

Namun Jepang yang membutuhkan kemenangan, justru dipermalukan Thailand. Seandainya mampu mengalahkan Thailand, Jepang akan tampil sebagai juara untuk keempat kalinya.

Usai pertandingan Australia lawan Cina, para pemain Australia langsung tertunduk lesu di tengah lapangan. Sebaliknya para pemain Jepang yang berada di sisi lapangan saat akan bertanding melawan Thailand, terlihat gembira menyaksikan kekalahan rivalnya.

Bahkan di antara para pemain Jepang terlihat ada yang melakukan "tos" (beradu tangan-red.). Mereka sepertinya begitu yakin bisa mengalahkan Thailand untuk mempertahankan gelar juara yang mereka rebut tahun 2005 di Manila, Filipina.

Namun rasa percaya diri tersebut justru menjadi bumerang di tengah lapangan karena permainan mereka menjadi antiklimaks. Sebaliknya, para pemain Thailand yang main tanpa beban justru tampil beringas.

Pelatih Jepang Tatsuya Ueta mengatakan, timnya tertekan karena harus menang setelah melihat Australia kalah. "Permainan anak-anak tidak berkembang. Selain itu, kami tidak menyangka Thailand bisa tampil sangat bagus. Ini akan jadi pelajaran bagi kami untuk event berikutnya (Olimpiade 2008 dan Kejuaraan Dunia 2007-red.)," kata Ueta.Sejak pertama kali kejuaraan Asia ini digelar tahun 1975 di negeri kanguru itu, Australia baru tahun ini merasakan gelar juara. Selama ini, gelar juara lebih banyak dinikmati tim-tim dari Asia Timur, seperti Jepang, Cina, dan Korea.

Sementara itu, Indonesia gagal memenuhi target masuk di posisi "Enam Besar", setelah di pertandingan terakhir harus mengakui ketangguhan Korea Selatan 0-3 (17-25, 17-25, 21-25). Dengan kekalahan ini, Indonesia berada di peringkat ketujuh dari 16 peserta.

Indonesia gagal mencapai ambisi untuk berlaga di kualifikasi Olimpiade Beijing 2008. Hal ini karena hanya peringkat satu sampai enam di kejuaraan Asia ini yang berhak ikut kualifikasi Olimpiade. Tiket tersebut diraih Australia, Jepang, Korea, Cina, dan Thailand.

Sejak awal, Indonesia yang bisa langsung tampil di babak delapan besar tanpa bertanding lebih dulu di babak kualifikasi grup karena bertindak sebagai tuan rumah, sudah mencanangkan untuk setidaknya berada di urutan keenam agar bisa ikut kualifikasi Olimpiade Beijing 2008. "Kita memang kalah kelas menghadapi Korea Selatan. Meski kita kalah 0-3, saya tetap puas dengan penampilan pemain yang sudah mengeluarkan seluruh kemampuan mereka," kata asisten pelatih tim Indonesia Mahfud Irsyada.

Setelah kegagalan di Kejuaraan Asia, Mahfud menegaskan bahwa fokus tim nasional berikutnya adalah menghadapi SEA Games 2007 , Desember mendatang. (A-105)

Last Updated ( Monday, 10 September 2007 )
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=