Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Profil Pemain arrow Josefhine Tahalele, Muka Baru di Pelatnas Voli Indoor
Skip to content

Login Form






Lost Password?

Visitors Counter Since 4 Feb 2012

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1588
mod_vvisit_counterYesterday1696
mod_vvisit_counterThis week5449
mod_vvisit_counterThis month37369
mod_vvisit_counterAll5518184

sloganvoli.jpg

Josefhine Tahalele, Muka Baru di Pelatnas Voli Indoor PDF Print E-mail
Written by donny   
Friday, 05 October 2007

Gadis Ambon yang Tak Ingin Tinggalkan Papua, Baru pertama masuk pelatnas, Josefhine Tahalele bercita-cita mengikuti jejak Yokhbet Kapasiang dan Devota Rahawarin. Masih kaget dengan porsi latihan di padepokan Sentul.

JOSEFHINE Tahalele kini sudah bisa bernapas lebih lega. Namanya tercantum di antara 12 pemain inti pelatnas voli indoor wanita SEA Games XXIV/2007 Nakhon Ratchasima. "Senang sekali begitu dengar pengumuman itu. Tapi tentu saja harus tetap waspada karena bisa saja daftar itu berubah menjelang keberangkatan ke SEA Games," kata Joshefine.

Kebanggaan Joshefine semakin bertambah karena dia menjadi satu-satunya wakil Papua yang ada di pelatnas. "Saya juga satu-satunya wakil dari Ambon lho," ungkapnya. Memang, Papua adalah daerah yang dibelanya pada Prakualifikasi PON 2007 Juni lalu sehingga dia mendapatkan tiket menuju pelatnas dan dibesut pelatih asal Tiongkok Li Qiujang. Namun, Josefhine sejatinya adalah wanita kelahiran Ambon dan besar di sana hingga menyelesaikan Sekolah Menengah Atas.

"Kebetulan, tante saya tinggal di Papua dan kebetulan tim PON Papua membutuhkan pemain," terang Josefhine tentang keterlibatannya dalam tim PON Papua.

Melihat perkembangan voli Papua, Josefhine tanpa ragu memutuskan untuk bergabung dengan tim tersebut. Dan dia pun membela Papua di babak kualifikasi PON 1999 lalu. Sayang, hasilnya kurang manis, Papua tak lolos menuju PON. 
 Namun, putri pasangan Jonathan Tahalele dan Joyce Talapessy itu tak lantas surut niat untuk tetap bergabung di tim Papua. Dia menilai pembinaan dan sistem latihan di Papua lebih bagus dibandingkan daerah asalnya.

Keputusan itu memang tidak salah. Permainan Josefhine sebagai open spiker semakin terasah. Dan itu terpantau oleh Li Qiujang, pelatih pelatnas voli indoor wanita yang mengamati seluruh pemain dari klub-klub yang berlaga di Hall Basket Senayan Jakarta pada Pra PON 2007 lalu. Akhirnya, dia pun memiliki kesempatan bergabung dengan tim nasional dan tinggal di padepokan voli indoor di Sentul.

"Sekarang juga masih kaget dengan porsi latihan yang diberikan Mr. Li (panggilan Li Qiujang, red)," ucap wanita berusia 25 tahun itu.
Menurutnya, latihan di pelatnas sangat berbeda saat dia masih tergabung dengan tim Papua. "Di sini, kami melakukan latihan setiap hari, dua kali pula dalam sehari. Itu benar-benar melelahkan. Tapi, enjoy juga karena tak banyak waktu luang yang dibuang," ungkapnya. Di Papua dia hanya berlatih menjelang adanya turnamen, itupun hanya tiga kali dalam seminggu.

Berkat voli, Josefhine bisa mendapatkan pekerjaan meski masih sebagai tenaga honorer di BPR Kalimantan Timur. Ceritanya, dia dikontrak salah satu tim voli Kaltim dan mendapatkan imbalan pekerjaan.
Voli pertama dikenalnya melalui kedua orang tuanya. Yakni sejak dia duduk di bangku Sekolah Dasar. "Papa dan mama bukan atlet profesional kok, mereka hanya hobi saja. Tetapi, itu cukup membuat saya untuk menekuni voli," ungkapnya.
Kini, Josefhine berjanji untuk lebih giat berlatih di pelatnas. Dia ingin mengikuti jejak Yokhbet/Devota yang lebih dahulu bersinar di voli Indonesia. "Mudah-mudahan juga saya bisa terus di sini dan membela Indonesia pada SEA Games nanti," ujarnya. (*)

Sumber.Jawa Pos Online

 

Last Updated ( Friday, 05 October 2007 )
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=