Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Manajemen Klub arrow MANAJEMEN
Skip to content

Login Form






Lost Password?

Visitors Counter Since 4 Feb 2012

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1794
mod_vvisit_counterYesterday2230
mod_vvisit_counterThis week9905
mod_vvisit_counterThis month18575
mod_vvisit_counterAll6381854

sloganvoli.jpg

MANAJEMEN PDF Print E-mail
Written by marto   
Sunday, 17 December 2006

Pengantar, Volimania yang budiman, sedikit demi sedikit, peminat situs kita makin bertambah. demikian juga dengan penyumbang berita. kali ini kita kehadiran artikel dari penggila voli yang sedang bertugas di beijing, negeri yang banyak kita sewa pemainnya dalam proliga. Beliau memperkenalkan diri sebagai LAE KURDUD.

 Pusing juga simbah dgn julukan unik ini. Konon julukan ini orang medan saja yg bisa memahami. Polos dan 'merasa tidak pintar' gitu kata orang sih arti kata lae kurdud mah. Rekan march-sipahutar mungkin bs mengklarifikasi? kolumnis lae kurdud ini memang kelahiran medan. Atas kecintaannya pada voli, beliau ingin meramaikan situs ini untuk kita (tanggapi) bersama. Bila ada yang tidak pas pendapatnya, jangan sungkan2 untuk mendebat yah! kali ini, bung LAE KURDUD minta agar saya mempublikasikan dulu sambil menuntaskan account beliau sbg author. kita utamakan isi sampai dulu, prosedur-idenitas bisa menyusul. Horas bah!! (marto)

 

Beijing, LAE KURDUD, Supaya bisa seiring sejalan memaknai rubrik ini, sebelum terlalu jauh, perlu sepakat dulu makna manajemen. Nanti kalau persepsi tentang manajemen sudah punya arah, tidak sebagian ke utara sebagian ke selatan tentang pengertian manajemen, akan lebih mudah mengaplikasikan manajemen ke dalam qlub. Qlub, itu kan mengandung pengertian kumpulan orang-orang yang punya tujuan sama


Jadi bisa dibayangkan, kalau sesama anggota qlub bicara soal manajemen, yang satu bilang mengelola, yang lain bilang mengatur, yang lain bilang merencanakan, atau mengusahakan supaya menang, nanti abis waktu cuma buat berdebat tentang arti manajemen. Kapan pula mau bicara soal pencapaian tujuan?

Orang-orang di negeri sana bilang, manajemen itu ada untuk mencapai keberhasilan (get things done) dengan menggunakan sumber daya di luar diri sendiri (through others). Agak perlu ditekankan masalah ‘mencapai hasil’, supaya jangan terjebak dalam kesalahpahaman berupa ‘mengatur orang / sumber daya’.  Intinya, manajemen adalah mencapai hasil, bukan mengatur. Tapi, mana ada hasil kalau tidak diatur dengan baik. Sebaliknya, kalau cuma nyuruh orang bekerja, tapi kadang melupakan tujuan (mencapai hasil), bisa bisa di tengah jalan kehilangan arah/tujuan, terutama jika menemui hambatan. Jangan pula terlalu berandai-andai semua mulus, hambatan itu pasti ada. Itu makanya perlu belajar ilmu manajemen, supaya bisa mengatasi hambatan dalam mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan.

Singkatnya, perlu dibedakan jelas kedua hal ini. (terpaksa minta maaf harus pakai bahasa asing; kesulitan menggunakan bahasa sendiri ini memang kelemahan manajemen kebahasaindonesiaan), antara ‘get things done through others’ dan ‘get others to do things’. Dilihat dari personilnya, yang pertama bisa disebut manajer, yang kedua disebut mandor.

Sampai sini, jadi perlu ketuk-ketuk dengkul lagi, apa pula tujuan sebuah qlub? Kadang suka bosan juga kita sama hal-hal normatif begini, yang katanya kalau organisasi harus ada visi, misi, tujuan, sasaran, dan sebagainya. Tapi ada juga yang melihatnya secara terbalik, bikin dulu organisasi, abis itu baru (terpaksa) mikir apa visi misi tujuan sasarannya, karena biasanya harus ada! Bukan karena perlu (necessary condition), tapi karena biasanya di AD/ART harus dicantumin (sufficient condition). Ngarang pulak jadinya kan.
Apa pula yang mau di – manage kalau awal bergeraknya pun sudah tak jelas. Katanya ‘mencapai hasil’, tapi apa yang mau dihasilkan pun tak tau. Ahhh… macam manaaa…..(LK)

Last Updated ( Sunday, 17 December 2006 )
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=