Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Serba-Serbi arrow Penonton, dengan segala keunikannya.....
Skip to content

sloganvoli.jpg

Penonton, dengan segala keunikannya..... PDF Print E-mail
Thursday, 02 November 2006

Banyak cara dilakukan orang untuk mendukung para idolanya berlaga. Dari mulai sekedar meneriakkan nama sang idola, sampai berdandan dan bergaya dengan memakai atribut-atribut unik untuk lebih menyemangati sang idola. Hal tersebut tentu saja tidak menjadi masalah, selama yang dilakukan masih dalam batas wajar dan tidak merugikan orang lain.

Kalau kita sejenak memperhatikan tingkah pola penonton yang ada di setiap pertandingan, kita akan menemukan banyak sekali keunikan yang terkadang tidak pernah terlintas dalam pikiran kita. Ada saja gaya atau tingkah pola baru yang muncul di setiap pertandingan. Entah muncul dari mana ide dan kreatifitas itu, tapi hal tersebut tentu saja bisa jadi suatu suntikan semangat bagi si pemain ataupun menjadi daya tarik tersendiri dari suatu pertandingan. Tanpa adanya riuh rendah dan gegap gempita penonton, suasana pertandingan tentu saja tidak akan menarik.  

Setiap tempat pasti memiliki keunikan sendiri-sendiri. Lain di Bandung, lain pula di Jakarta, begitu pula dengan daerah-daerah lainnya. Kadang-kadang ulah penonton daerah(bukan kota besar, seperti bandung dan jakarta)seringkali lebih unik dan kreatif. Seperti halnya pada pelaksanaan putaran 1 piala kapolri yang berlangsung di Cirebon beberapa bulan lalu. Animo masyarakat yang begitu besar membuat stadion Bimasakti(tempat pertandingan berlangsung)penuh. Penonton yang begitu antusias untuk mendukung para idolanya berlaga, seringkali bertingkah dan bergaya yang unik dan menarik.

Segala macam tingkah pola dilakukan, dari mulai berteriak dan menyanyikan lagu-lagu penyemangat(lagu-lagu yang dinyanyikan adalah lagu karangan sendiri dengan nada lagu perjuangan), sampai membawa beragam tetabuhan. Bukan hanya itu saja yang dilakukan, dalam beberapa pertandingan (terutama pada saat tim tuan rumah/Jawa Barat main), koor dukungan akan semakin riuh. Ada seorang penonton yang maju ke depan dan bertingkah layaknya konduktor orkestra untuk memimpin nyanyian dukungan bagi tim idola. Jika tim kesayangan menang atau mendapatkan angka, maka koor akan semakin menggila, sebaliknya bila tim kesayangan kalah,koor pun tetap riuh, tapi riuh mengomentari/meledek pemain2 lawan. Seringkali komentar2 yang dikeluarkan agak "nyelekit"untuk di dengar.

Tidak hanya para penonton laki2laki yang heboh dalam mendukung idolanya. Penonton wanitapun tidak mau kalah. Merekapun turut berteriak, bahkan ada sekelompok ibu-ibu yang datang dengan membawa rebana yang biasa digunakan untuk gambusan. Hebohnya ibu2 ini ternyata tidak kalah dengan penonton lain, bahkan terkadang mereka lebih manarik perhatian, karena ditengah teriakannya seringkali diselingi dengan goyangan pinggul.

Beragam ekspresi diperlihatkan para penonton, tidak hanya ketika mendukung tim kesayangan atau sang idola berlaga. Tapi juga ketika tim atau idola sedang tidak berlaga. dari mulai meminta tanda tangan, foto bareng, salaman, sampai makan gorengan bareng idola. Beberapa pemain memang "laris manis" di cirebon, seperti misalnya Aris Rizqon, joni.S, Brian A, dll. Kemanapun mereka pergi, para penggemar tidak pernah lepas mengikuti. Tapi sepertinya mereka(pemaen)tidak keberatan dengan ulah penggemarnya, karena selama putaran 1 berlangsung, mereka tetep enjoy menikmati kerumunan penggemarnya.

Apapun ulah dan tingkah pola yang dilakukan penonton, hal tersebut sudah lazim terjadi di setiap pertandingan. Justru tanpa adanya penonton(dengan segala keunikannya), bisa jadi pertandingan yang berlangsung tidak akan menarik. Karena sebenanya yang menjadikan suatu pertandingan menarik adalah penonton, karena merekalah yang melihat dan menilai. Tinggal sekarang bagaimana para penonton bisa menjaga segala keunikannya agar tetap dalam batas2 yang wajar dan tidak menyakiti atau merugikan pihak lain. 

Last Updated ( Monday, 13 November 2006 )
 
< Prev
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=