Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Profil Pemain arrow Gayan Madushanka: Pemain Impor Surabaya Samator Asal Sri Lanka
Skip to content

Login Form






Lost Password?

Visitors Counter Since 4 Feb 2012

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday608
mod_vvisit_counterYesterday2001
mod_vvisit_counterThis week10122
mod_vvisit_counterThis month50545
mod_vvisit_counterAll6043122

sloganvoli.jpg

Gayan Madushanka: Pemain Impor Surabaya Samator Asal Sri Lanka PDF Print E-mail
Written by benny   
Thursday, 22 March 2012
Cepat Akrab, Terbebani Bawa Nama Negara

JawaPos, Surabaya - Keberadaan dua pemain asing di klub bola voli putra Surabaya Samator tengah disorot. Di saat prestasi klub yang masih jeblok hingga awal putaran kedua Proliga tahun ini, peran pemain asing belum terlihat. Salah satu di antara dua pemain asing itu adalah Gayan Madushanka.

Sri Lanka . Nama negara itu memang bukanlah kekuatan baru di kancah bola voli Asia. Bersama Tiongkok, kualitasnya masih berada di atas Indonesia.

Buktinya, di dalam penyisihan kejuaraan senior Asia 2011 di Teheran, negara kecil itu mampu mengalahkan Indonesia. Namun, belum banyak pemain tim nasional Sri Lanka yang bermain di Proliga.

Dalam edisi tahun ini, hanya ada satu pemain Sri Lanka yang berlaga di Proliga. Ya, dialah pemain asing Surabaya Samator, Gayan Madushanka. Gayan bergabung dengan Samator sejak awal Maret lalu.

Berlabel pemain tim nasional, pemain yang berposisi sebagai open spiker itu diharapkan bisa mengangkat mental bertanding penggawa muda Samator. Sekalipun usianya 22 tahun, tidak berbeda jauh dengan Bagus Wahyu Ardyanto dkk. ''Tapi, di sini saya dituntut harus bisa cepat beradaptasi dengan permainan Samator,'' kata Gayan.

Dia mengatakan, sebelum berlabuh di Samator, dirinya sudah mengetahui ciri permainan pemain bola voli Indonesia. Apalagi, beberapa penggawa tim nasional Indonesia sekarang juga menjadi rekan setimnya di Samator. Misalnya, Bagus Wahyu Ardyanto, Veleg Dhani Ristan Kristiawan, dan Machfud Nurcahyadi.

Nyatanya, setelah mengikuti Proliga seri Solo dan Jogjakarta, pemain bernomor punggung 14 itu hanya bermain dua kali. Yaitu, saat melawan Jakarta BNI 46 di Solo dan Jakarta Sananta di Jogjakarta. Jelas bukanlah catatan yang bagus untuk pemain kaliber tim nasional.

Gayan menuturkan, di Samator dirinya tidak hanya terbebani membawa namanya sendiri, melainkan reputasi pemain Sri Lanka. Dia pun tetap optimistis masih bisa menunjukkan kontribusinya bagi Samator.

''Dari beberapa latihan dan pertandingan, saya sudah mulai bisa menyatu dengan permainan tim. Apalagi, masih ada banyak pertandingan. Masih ada waktu untuk membuktikan bahwa saya bukan sekadar pemain tim nasional,'' beber pemain kelahiran Kolombo, Sri Lanka, itu.

Jika dibandingkan dengan pemain asal Brazil Diego Smith, Gayan termasuk cepat akrab dengan para pemain Samator. Ini dikarenakan dia bisa menguasai bahasa Inggris, kemampuan yang tidak dimiliki Diego. Juga kedekatan kultur sesama negara Asia.

''Yang pasti, saya sangat menikmati masa-masa adaptasi di Indonesia. Ini kesempatan pertama saya bermain di luar negeri,'' lanjut Gayan.

Pelatih Samator Li Qiujiang menyebutkan, masih banyak aspek yang perlu digenjot dari pemain barunya itu. Apalagi, selepas membela negaranya di Piala Asia, Gayan belum pernah menjalani latihan. Maklum, kompetisi di Sri Lanka belum bergulir. ''Jadi sama saja kami harus mulai memoles dari nol,'' ungkap Li.

Menurut dia, upaya itu bakal memakan waktu lumayan lama. Tidak cukup sebulan. Meski demikian, setelah melihat dari grafik perkembangannya, pelatih tim nasional Indonesia di SEA Games itu berencana merotasi posisi Gayan.

''Supaya dia lebih efektif, bisa saja dia kami geser ke posisi all-round,'' jelas pelatih asal Tiongkok itu. (*/c4/ren)

---

Data Diri :

Nama Lengkap : Gayan Madushanka Nilanka Sanjaya
Panggilan : Gayan
Lahir : Kolombo, Sri Lanka, 23 Maret 1989
Tinggi/Berat: 183 cm/65 kg
Posisi : Open Spiker/All Round
Nomor punggung : 14
Kewarganegaraan : Sri Lanka

Penampilan di Proliga 2012 :
Lawan Jakarta BNI 46 dalam Seri IV putaran I Proliga di GOR Sritex Arena, Solo. Samator kalah 0-3 (14-25, 24-26, 20-25)
Lawan Jakarta Sananta dalam seri V putaran I Proliga di GOR Amongrogo, Jogja. Samator kalah 1-3 (18-25, 25-17, 23-25, 22-25)

Last Updated ( Thursday, 22 March 2012 )
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=