Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Voli Pantai arrow Kejar Angin
Skip to content

Login Form






Lost Password?

Visitors Counter Since 4 Feb 2012

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1449
mod_vvisit_counterYesterday1499
mod_vvisit_counterThis week14032
mod_vvisit_counterThis month43070
mod_vvisit_counterAll4944529

sloganvoli.jpg

Kejar Angin PDF Print E-mail
Written by benny   
Tuesday, 07 November 2006
JAKARTA - Lapangan Voli Pantai Senayan tidak cukup kondusif untuk mengasah kemampuan Tim Voli Pantai Indonesia proyeksi Asian Games 2006 Qatar. Putaran anginnya terlalu kecil dibandingkan dengan putaran angin di Qatar. Untuk mempersiapkan diri menghadapi putaran angin yang lebih kencang, Agus Salim dkk akan diboyong ke Pantai Kuta, Bali, Minggu (12/11) mendatang.

"Putaran angin di Qatar mencapai 8-12 knot, itu sama dengan putaran angin di Pantai Kuta. Sedangkan putaran angin di Lapangan Voli Pantai Senayan 5 knot saja tidak sampai," papar Nyoman Sukesna, manajer Tim Voli Pantai Indonesia, pada Jawa Pos kemarin.

Sementara, faktor lain, yaitu kedalaman pasir, Lapangan Voli Pantai Senayan sebenarnya sudah mirip dengan kedalaman pasir lapangan voli pantai di Qatar yakni 5 - 7 cm.

Putaran angin, terang Nyoman, memiliki pengaruh yang sangat besar pada jalannya pertandingan voli pantai. Dengan kondisi angin yang lebih kencang, dituntut stamina yang lebih baik. Pemain pun harus pandai-pandai mengubah strategi permainan terkait dengan kondisi angin.

Sejak pekan lalu, Agus Salim dkk ditangani pelatih asing asal Australia, Steve Anderson. Pekan pertama kemarin, mereka digenjot menu latihan fisik. Pekan ini, pebola voli Merah Putih mulai dibenahi dari sisi strategi. Pekan depan adalah waktu yang sangat tepat untuk melakukan penyempurnaan latihan dalam kondisi lapangan yang mirip dengan kondisi di Qatar.

Sepekan ditangani Anderson, atlet Indonesia sudah menunjukkan kemajuan yang memuaskan, mulai dari segi taktik dan strategi sampai mental bertanding. Salah satunya adalah Andi Ardiansyah. Selama ini, dia dikenal emosional dalam melepaskan smes. Meski lawannya berpostur tinggi dan memiliki blok bagus, tapi dia tetap saja memaksakan diri. "Kekurangan itu telah banyak diperbaiki Andi," papar Nyoman.

Selain memburu angin, ada agenda penting lain yang akan dijalani Agus dkk selama di Pulau Dewata. Rencananya, mereka melakoni uji coba dengan Timnas Australia.

"Kami telah melakukan kontak, Timnas Australia akan datang pada 15 November. Kalau pun mereka tidak datang, Agus dkk akan kami uji cobakan dengan tim junior," tegas Nyoman.

Voli pantai adalah salah satu andalan kontingen Indonesia merebut medali emas di Qatar. Minimal, mereka mampu mempertahankan medali perak yang diraih pada edisi 2002 silam. Jepang dan Tiongkok adalah lawan-lawan tangguh bagi Indonesia.

source: Jawa Pos 

Last Updated ( Tuesday, 07 November 2006 )
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=