Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Profesional Liga arrow Kontestan Final Four Fokus Benahi Fisik
Skip to content

sloganvoli.jpg

Kontestan Final Four Fokus Benahi Fisik PDF Print E-mail
Written by marto   
Thursday, 18 April 2013
Samator Khawatirkan Stamina Duo Brasil

Jawapos.com SURABAYA - Babak final four putaran I BSI Proliga 2013 mulai bergulir Jumat besok (19/4). Persiapan matang yang dilakukan klub-klub kontestan selama sepekan akan diuji di arena GOR Amongrogo, Jogjakarta.

Nah, sektor fisik menjadi fokus utama pembenahan tim putra Surabaya Samator. Karena sudah membenahi fisik pemain, asisten pelatih Samator Ibarsjah Djanu Tjahjono menegaskan bahwa anak asuhnya sudah siap tempur. Rencananya, pagi ini skuad Samator bertolak ke Jogjakarta.

Namun, Ibarsjah masih sedikit waswas dengan endurance (ketahanan) stamina duo pemain asingnya, Jonadabe Carneiro dos Santos dan Rangel Oliveira de Boscatti. Ketahanan stamina dua pemain asal Brasil tersebut belum maksimal. ''Susah meningkatkan ketahanan mereka dalam waktu singkat. Sebab, memang ada perbedaan suhu dengan negaranya (Brasil, Red),'' ujar Ibarsjah.

Ketahanan stamina Jo -sapaan Jonadabe- dan Rangel sejatinya sudah masuk evaluasi setelah putaran II lalu. Sebab, di hampir setiap laga keduanya sering kedodoran gara-gara udara panas di arena pertandingan. Penampilannya pun sangat bergantung kepada staminanya itu.

Supaya maksimal, menurut Ibarsjah, pihaknya tidak akan memaksakan Jo dan Rangel main full. ''Kalau salah satunya kelihatan lelah, ya kami tarik. Nah, begitu sudah fit, baru mereka kami mainkan lagi. Pintar-pintarnya saja melihat kondisi stamina mereka supaya permainannya maksimal,'' beber Ibarsjah.

Latihan ketahanan stamina di Samator, ungkap Ibarsjah, dilakukan dengan menggunakan bola. Permainan game yang biasanya sampai poin 25 dinaikkan menjadi 35-45. Itu dilakukan pada setiap sesi latihan. ''Stamina pemain lokal sudah oke dan tidak ada masalah,'' imbuhnya.

Fokus pembenahan kondisi fisik pemain juga menjadi perhatian Manokwari Valeria Papua Barat. Pelatih Valeria Eko Waluyo bahkan memaksimalkan latihan dengan porsi lebih dalam ketahanan stamina. ''Di final four kami bermain tanpa istirahat. Makanya, di sisa waktu yang ada ini kami tambah porsi daya tahan stamina pemain kami,'' kata Eko.

Sementara itu, jawara bertahan Proliga Jakarta BNI 46 sudah melakukan latihan dengan orientasi pada stamina mulai awal pekan ini. Meski demikian, manajer BNI 46 TB Endang Hidayatullah mengharapkan penekanan langkah itu tidak terlalu berat. (ren/dra/c4/bas)

Last Updated ( Thursday, 18 April 2013 )
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=