Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Profil Pemain arrow Mutiara Berkilau di Jakarta Electric PLN
Skip to content

sloganvoli.jpg

Mutiara Berkilau di Jakarta Electric PLN PDF Print E-mail
Written by Nindy   
Friday, 10 April 2015
Volimania.org - Tenang dan cerdik. Mungkin dua kata yang bisa menggambarkan sosok Tri Retno Mutiara Lutfi, setter utama tim putri Jakarta Electric PLN. Tak bisa dipungkiri jika gadis asal Cirebon itu tampil sebagai roh dan kunci cemerlangnya penampilan Jakarta Electric PLN saat mengalahkan Jakarta Popsivo PGN di putaran pertama babak empat besar Pertamina Proliga 2015 di Bandung (5/4).
 
Tri Retno Mutiara
 
photo : dokumen pribadi

Tiara, sapaan akrabnya, tidak menyangka jika penampilan menuai pujian, meski begitu dia mengaku jika memiliki motivasi lebih saat bermain di Bandung, karena seluruh keluarga, saudara dan teman-temannya datang khusus untuk menontonnya.

Mengawali karir di kota kelahirannya, Tiara bergabung dengan Diklat Cirebon pada usia 10 tahun. Bakat dan tekniknya semakin terasah di klub Puspita Majalengka sebelum akhirnya salah satu klub Bandung, Wahana menggaetnya untuk bergabung pada tahun 2012.  Baru setahun bergabung Tiara menjadi salah satu bagian yang membawa Wahana naik kasta ke Livoli Divisi Utama. 

Sukses bersama Wahana membuat Tiara dilirik beberapa klub peserta Proliga. Pada 2013 dia tergabung dalam skuad Jakarta TNI AU lalu hijrah ke Jakarta Bank DKI di 2014 sebelum akhirnya berlabuh ke Jakarta Electric PLN di tahun ini. 
 
Tri Retno Mutiara
 
photo by PLNTV

Bagi Tiara bergabung dengan tim putri Jakarta Electric PLN adalah keinginan yang terwujud. Sudah sejak tahun lalu dia mendambakan untuk bisa bergabung di tim yang selalu menorehkan prestasi manis di ajang bola voli terbesar itu. Alasan utamanya karena dia sangat ingin merasakan dilatih oleh Tien Mei, pelatih asal Tiongkok yang sudah empat tahun belakangan ini menahkodai Jakarta Electric PLN. 

"Saya melihat para senior yang pernah dilatih Kak Mei menjadi pemain yang lebih matang dan saya ingin seperti itu," ungkapnya. 

Keputusan Tiara untuk pindah ke Electric PLN tidak salah, karena tidak tanggung-tanggung Tien Mei menunjuknya menjadi setter utama tim tersebut. Di usianya yang masih muda, menjadi setter utama di tim sebesar Jakarta Electric PLN bukan hal yang mudah dijalani, tapi Tiara menjawab kepercayaan pelatihnya itu dengan permainannya yang semakin hari semakin menunjukkan grafik yang meningkat hingga berhasil membawa Jakarta Electric PLN menjadi pemuncak klasemen sementara babak empat besar Pertamina Proliga 2015.

"Kak Mei percaya dan selalu memotivasi saya untuk bermain baik dan tidak takut. Saya juga ingin menunjukan jika kualitas pemain junior tidak kalah dengan senior," ucapnya. 

Saat disinggung mengenai persiapan untuk menghadapi putaran kedua babak empat besar di Jakarta, Jumat ini (10/4), dia mengungkapkan jika timnya tidak mengurangi porsi latihan dan tetap akan menunjukan permainan terbaik dan menyapu bersih tiga pertandingan tersisa. 

"Kami harus tetap fokus dan tidak terbuai dengan kemenangan di Bandung," ujarnya. Lebih lanjut Tiara mengungkapkan bahwa target yang dipasang managemen tahun ini adalah mengawinkan juara Proliga Putra dan Putri 2015. Namun, selain membawa timnya menjadi juara, ada target pribadi yang juga ingin diraihnya yaitu membawa pulang gelar Best Setter Proliga 2015. (ndy)

Nama: Tri Retno Mutiara Lutfi
TTL: Cirebon, 16 November 1997
Posisi: Setter
No Punggung: 1
Klub:
2007-2009 Diklat Bima Putri Cirebon
2010-2012 Puspita Majalengka
2012- sekarang Wahana Bandung

Prestasi:
Juara 1 Kejurnas Junior 2012
Medali Emas Pekan Olahraga Pelajar Wilayah 2012
Runner-up Livoli Divisi 1 2013
Medali Emas Pekan Olahraga Pelajar Nasional 2013
Medali Emas Asean School Games 2013
Medali Emas Asean School Games 2014
Medali Perak Asean School Volleyball Championship 2014

Last Updated ( Wednesday, 15 April 2015 )
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=