Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow PON arrow Tekad Tim Voli Jatim Melanjutkan Dominasi di Ajang PON
Skip to content

sloganvoli.jpg

Tekad Tim Voli Jatim Melanjutkan Dominasi di Ajang PON PDF Print E-mail
Written by benny   
Wednesday, 10 February 2016
Siap Rebut Emas Kelima

Jawapos.com - Menyandang juara bertahan sejak perhelatan PON 2000, tim voli putra Jatim siap melanjutkan dominasi pada PON XIX/Jawa Barat. Melihat komposisi pemain yang ada saat ini, rasanya sulit bagi tim lain menggeser dominasi Jatim. ---

TIM voli putra Jatim bertekad mempertahankan tradisi medali emas. Dominasi Jatim di PON tak lepas dari konsistensi dan upaya klub-klub voli di Jatim untuk selalu melakukan pembinaan yang berkesinambungan. Meskipun sudah empat kali berturut-turut memenangi PON, Galih Bayu Saputra dkk tak lengah dan tetap waspada.

Sebagai juara bertahan, tim yang didominasi pemain-pemain profesional yang berasal dari klub Samator itu mendapat wild card dan langsung lolos menuju arena PON pada September mendatang. Selain Samator, tim PON diperkuat klub Indomaret Sidoarjo dan Mars Kota Probolinggo. Ada sejumlah provinsi yang cukup diwaspadai Jatim. Di antaranya, tim Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Papua.

Menurut pelatih voli PON Jatim Ibarsjah Djanu Tjahjono, tim Jateng patut diwaspadai lantaran berhasil menjadi juara Pra-PON. "Tim tuan rumah pasti unggul secara nonteknis. Semangat dan motivasi mereka sangat tinggi karena bermain di rumah sendiri. Sedangkan Papua, kini skuadnya banyak didominasi pemain asal Jawa," ujar Ibarsjah.

Tim voli putra PON Jatim memang belum berlatih secara intensif. Sebab, banyak pemain yang tengah mempersiapkan diri untuk tampil dalam perhelatan Proliga pada 19 Februari hingga 15 Mei mendatang. Meski demikian, mereka tetap menjalani latihan di masing-masing klub dan masih tetap terpantau.

"Untuk tim puslatda, Januari lalu sudah berkumpul latihan seminggu sekali. Setelah Proliga selesai, mereka akan dikumpulkan lagi," tutur pria asal Mojokerto itu.

Keadaan tersebut, menurut Ibarsjah, tidak dipandang sebagai kendala. Justru adanya Proliga bisa menambah jam terbang dan keterampilan para pemain sebelum berlaga di PON. Secara mental bertanding pun, Mirza Pratama dkk akan lebih siap.

Pemilihan pemain puslatda didasarkan pada pemantauan berbagai kejuaraan nasional seperti Proliga dan Livoli. Selain itu, para pemain dipilih dari pantauan pembinaan di klub. Sebelum entry by name terakhir yang dilakukan sebulan sebelum PON, Jatim akan melakukan promosi degradasi (promdeg). "Di bulan Agustus nanti kami seleksi dan dikerucutkan menjadi 12 atlet untuk dibawa ke PON," katanya.

Meski belum menguji kemampuannya, tim voli putra Jatim percaya diri menghadapi PON dan siap mencatatkan diri sebagai peraih medali emas PON lima kali berturut-turut.

Sementara itu, tim voli putri yang pada PON XVIII/2012 lalu meraih perak lolos di ajang Pra-PON pada Oktober lalu juga dengan meraih perak.
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=