Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Profesional Liga arrow Petro-Samator Pastikan tanpa Perombakan Skuad
Skip to content

sloganvoli.jpg

Petro-Samator Pastikan tanpa Perombakan Skuad PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 21 February 2017
Evaluasi Menuju Putaran Kedua

Jawapos.com, GRESIK - Hasil yang didapat Gresik Petrokimia pada putaran pertama Proliga 2017 masih jauh dari ekspektasi manajemen. Mereka duduk di peringkat ketiga terbawah. Meski demikian, manajemen tidak memiliki rencana untuk merombak skuad atau mengganti para pemain asingnya.

Petro tetap akan mengandalkan dua pemain asing mereka, yakni open spiker Hayley Spelman dan Veronica Angeloni. Pemain-pemain lokal pun masih dipertahankan manajemen.

Manajer Tim Petro Sasono Handito mengungkapkan, timnya masih percaya pada progres para pemain yang saat ini diasuh Li Huanning itu. ''Kami yakin pemain yang ada sekarang kualitasnya cukup baik,'' katanya.

Sasono menyebut akan terus mengoptimalkan para pemain tersebut. Sebab, menurut dia, rotasi pemain yang terlalu sering akan mengurangi keharmonisan dan kekompakan tim saat berlaga. Apalagi, pada seri keempat, Gresik akan menjadi tuan rumah. ''Kami tidak mau malah tampil tidak kompak saat main di depan publik sendiri,'' ungkapnya.

Apalagi, target untuk seri selanjutnya bagi Petro adalah masuk final four. Terakhir, tim tersebut hanya nangkring di peringkat kelima dengan raihan 7 poin. Dengan catatan dua kali menang dan empat kali kalah. ''Pemain yang ada pasti punya motivasi untuk bangkit. Jadi, kami beri kesempatan untuk itu,'' ucapnya.

Saat ini, timnya memang fokus menghadapi putaran kedua. Hampir setiap hari para pemain berlatih di GOR Tri Dharma, Kota Gresik. Mulai menyerang, bertahan, hingga fisik pemain ditingkatkan secara bertahap. ''Mereka dilatih total agar bisa memberikan hadiah manis bagi masyarakat Gresik,'' ujarnya.

Sasono berharap dua pemain asingnya bisa memberikan kontribusi lebih terhadap tim, terutama Angeloni. Sebab, dari dua pertandingan yang baru dijalani, kontribusinya belum terlihat maksimal. ''Harus, biar tim ini bisa memenangkan tiap pertandingan di sini,'' tegasnya.

Di sisi lain, juara bertahan putra Surabaya Bhayangkara Samator juga masih mempertahankan skuad yang mereka mainkan pada putaran pertama. Mereka hanya mengasah kekurangan yang didapat dari putaran pertama lalu. Dari lima laga, Samator memang selalu menang. Namun, tak satu pun yang berakhir tanpa kehilangan set atau 3-0.

Berdasar evaluasi tim pelatih, para pemain memiliki kekurangan pada blocking, receive, dan servis. Karena itu, mereka mulai melakukan perbaikan. Mahfud Nurcahyadi cs melakoni latihan blocking di lapangan voli Samator, kawasan Driyorejo, Gresik, kemarin.

Seperti biasa, latihan terbagi menjadi dua sesi, pagi dan sore. Pada sesi pagi, Barsjah menginstruksikan memperbanyak receive. Semua spike dilakukan pada bola terbuka. Secara otomatis, open spiker juga mengasah kemampuannya. Pada sesi sore, blocking juga dilakukan pada bola terbuka.

Menariknya, pemain yang gagal melancarkan spike dihukum untuk melakukan push-up sebanyak lima kali. Spike gagal tersebut meliputi bola keluar, terblok, atau bahkan tidak melewati net. Tosser Nizar Zulfikar dan Ibnu Qurniadi bergantian melayani umpan kepada para spiker. Bergantian, setelah melakukan spike, pemain ditempa untuk bisa mengeblok spike dari kawannya.

''Blocking sudah cukup bagus. Soal hukuman push-up, kami berlakukan supaya spike-nya juga tidak asal-asalan," kata Barsjah kepada Jawa Pos setelah latihan.

 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=