Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Profesional Liga arrow Samator Ingin Jaga Tradisi
Skip to content

sloganvoli.jpg

Samator Ingin Jaga Tradisi PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 23 March 2017
Elektrik PLN Harap Lindsay Segera Pulih

Jawapos.com, SURABAYA - Babak final four Proliga 2017 memang baru dimulai 7 April mendatang. Namun, persiapan empat tim putra dan empat tim putri digeber sejak jauh-jauh hari. Salah satu kandidat kuat peraih gelar tahun ini, Surabaya Bhayangkara Samator, juga sudah membidik target besar di babak itu.

Tak tanggung-tanggung, tim asuhan Ibarsjah Djanu Tjahyono tersebut mematok target lolos ke grand final dan keluar menjadi kampiun pada Proliga tahun ini. Mencapai target tersebut tidaklah mudah. Sebab, Samator harus bersaing dengan Palembang Bank Sumselbabel, Jakarta Pertamina Energi, dan Jakarta BNI Taplus. ''Semua lawan berat. Mereka juga pasti punya tujuan yang sama,'' jelas Ibarsjah.

Karena itu, Ibarsjah mempersiapkan betul para pemainnya untuk menghadapi lawan-lawannya. Mental dan fisik para pemain menjadi fokusnya. ''Penting bagi kami menjaga ketenangan dalam permainan,'' kata Ibarsjah. ''Apalagi, pada final four besok, kami bermain tiga hari berturut-turut,'' ungkapnya.

Ibarsjah akan membuat strategi khusus dalam menghadapi satu per satu lawannya. Dia juga berencana merotasi pemainnya di final four. ''Sebagai strategi antisipasi,'' ucapnya.

Berkaca dari permainan Mahfud Nurcahyadi dkk pada seri reguler lalu, transformasi Samator memang berliku-liku. Tak terkalahkan pada putaran pertama dan menjadi pemuncak klasemen, langkah Samator sempat terseok pada putaran kedua.

Pada seri pertama putaran kedua, Samator menelan kekalahan pertama ketika ditundukkan Jakarta Pertamina Energi dengan skor 1-3 (20-25, 21-25, 25-15, 24-26). Kekalahan itu berlanjut pada laga selanjutnya. Samator kembali gigit jari ketika tunduk saat menghadapi Palembang Bank Sumselbabel dengan skor 1-3 (19-25, 28-26, 20-25, 25-27). Over confidence pun menjadi alasan di balik kekalahan Samator. ''Pemain sering terburu-buru seakan ingin segera menyelesaikan pertandingan sehingga sering salah sendiri,'' ujar Ibarsjah.

Untung, Samator segera berbenah. Kelemahan pemain di sektor receive, servis, dan blok yang sudah diperbaiki membuat Samator kembali menunjukkan taringnya dan berhasil menempati posisi dua klasemen sekaligus lolos ke final four.

Sementara itu, di sektor putri, Jakarta Elektrik PLN tidak ingin ketinggalan. Tim asuhan Tien Mei tersebut ingin melanjutkan tren positif menjadi juara bertahan. Karena itu, Elektrik memastikan ada perubahan strategi pada final four mendatang. ''Bagaimana strateginya, kami akan simpan dulu,'' tutur Abdul Munif, asisten pelatih Elektrik.

Munif telah menginstruksi para pemainnya untuk bermain maksimal. Sebab, Elektrik akan menghadapi lawan yang berat, yaitu Jakarta Pertamina Energi, Jakarta PGN Popsivo Polwan, dan Gresik Petrokimia. Munif juga berharap salah satu pemain asingnya, Lindsay Stalzer, segera pulih dari cedera lutut yang membekapnya. ''Semoga Lindsay bisa segera bergabung dengan Aprilia Manganang dkk untuk ikut bermain di final four,'' jelas Munif.

Mewakili pemain Elektrik, Maya Kurnia Indri menyatakan akan mempersiapkan fisik dan mental bertandingnya. Sebab, dia yakin pertandingan pada masa mendatang berlangsung ketat.

Last Updated ( Thursday, 23 March 2017 )
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=