Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Voli Pantai arrow Ade Candra/M Asfiya Bawa Indonesia ke Podium Kejuaraan Asia
Skip to content

sloganvoli.jpg

Ade Candra/M Asfiya Bawa Indonesia ke Podium Kejuaraan Asia PDF Print E-mail
Written by Nindy   
Wednesday, 19 April 2017

Para Juara Kejuaraan Asia Voli Pantai 2017 (asianvolleyball.net)
Volimania.org
- Di tengah gegap gempita para penggemar voli nasional menyaksikan Final Four dan menyambut laga pamungkas Grand Final Proliga 2017, terselip satu kisah dari Songkhla, Thailand. Pasangan voli pantai putra, Ade Candra/Muhammad Asfiya sukses membawa Indonesia berdiri di podium kedua Kejuaraan Asia Bola Voli Pantai Senior 2017.

Event prestisius yang berlangsung selama 14-17 April 2017 di Pantai Samila, Songkhla, Thailand ini diikuti oleh lebih dari 60 tim yang mewakili 19 negara. Pada babak Final, pasangan Ade Candra/M Asifya sempat memaksa rubber game sebelum akhirnya harus menyerah dari Iran (Rahman Raoufi/Bahman Salemiinjehboroun) dengan skor 1-2 (20-22, 21-12, 12-15).

Dihubungi satu hari setelah tiba di tanah air pada 19/4, Ade Candra mengaku jika faktor mental dan kurangnya kepercayaan diri menjadi penyebab kekalahan timnya.

“Kami berusaha main lepas di Final. Mungkin karena kami pasangan baru jadi mental tim kami belum stabil, masih suka tegang dan kurang percaya diri.” ujar peraih emas PON 2016 ini.

Keduanya mengawali perjalanan kompetisi dengan cukup mulus.  Berada di grup F bersama Thailand, Australia dan Selandia Baru, pasangan yang menjadi unggulan keenam ini berhasil menyapu bersih pertandingan di fase penyisihan dan babak 16 besar.

Rintangan yang lebih berat dihadapi pasangan ini ketika harus kembali jumpa dengan pasangan tangguh asal Qatar (Jefferson Santos/Cherif Younousee). Pertandingan yang tak kalah ketat itu pun akhirnya dimenangi pasangan Indonesia dengan 2-1 (21-17,7-21, 15-13).

Kemenangan tersebut sekaligus menuntaskan dendam setelah pada Final turnamen Pak Bara Master di Satun yang dihelat 11 April 2017 lalu, Candra/Asfiya menyerah telak 0-2 (9-21, 15-21).

Usai melewati hadangan Qatar, langkah Candra/Asfiya kian tak terbendung. Australia menjadi korban mereka berikutnya di Semifinal. Pasangan (Chris McHugh/Damien Schuman) dibungkam dengan mudah 2-0 (21-18, 21-16).

“Semua tim yang lolos 8 besar berada di level yang sama. Hanya tinggal siapa yang lebih fokus dan tidak meremehkan lawan dia yang bisa menang.” kata Candra.

Hasil yang diraih Ade Candra/M Asfiya sebenarnya sudah melampaui target yang dicanangkan. Sebelum berangkat ke Thailand, pasangan ini hanya ditargetkan untuk menembus peringkat 4 besar. Keberhasilan kedua atlet muda tersebut menjadi runner-up Kejuaraan Asia membuat mereka diganjar oleh hadiah uang sebesar 6000 dolar AS.

Selain Ade Candra /Muhammad Asfiya, tim Indonesia juga diwakili oleh Gilang Ramadan/Danangsyah Prabadi yang pada event ini hanya berhasil menembus babak 8 besar karena dikalahkan oleh pasangan Qatar lainnya, (Julio Donascimento/Ahmed Tijan Janko) dengan skor 2-0 (21-15, 21-18).

Putri Indonesia tembus 4 Besar Asia

Tim Voli Pantai Indonesia (@dhitajuliana)
Tak ingin kalah dengan tim putra, prestasi juga dicatat Indonesia di sektor putri. Adalah pasangan Dhita Juliana/Putu Dini Jasnita yang berhasil menembus peringkat 4 besar Asia. Melalui perjalanan yang hampir serupa, Dhita/Dini mampu membawa Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang menembus Semifinal.

Sayangnya pasangan senior ini tak mampu berbuat banyak saat takluk dari pasangan asal  Australia (Phoebe Bell/Nicole Laird) dalam pertarungan yang tak kalah dramatis pada perebutan peringkat ketiga yang berakhir dengan 1-2 (8-21,21-17, 8-15).  

Meski gagal mempersembahkan gelar, Dhita Juliana lewat akun Instagramnya (@dhitajuliana) mengungkapkan bahwa ia dan Dini memetik banyak pelajaran dari kompetisi ini.

“INA 1 vs AUS 1, kalah dengan skor 1-2. Kami hanya berada di posisi 4, banyak eror dan setidaknya disini banyak pelajaran yang bisa saya ambil. Pelatih yang selalu dan sangat sabar,  partner yang saling membantu dan terima kasih untuk semua yang sudah mendukung dan mendoakan.”

Nasib kurang beruntung juga dialami oleh pasangan putri lainnya, Desy Ratnasari/Eka Yokebed. Kiprah keduanya di ajang ini bahkan tergolong singkat, Desy/Eka tak mampu lolos dari himpitan Tiongkok dan Jepang di fase penyisihan grup C.

Gelar juara di sektor putri diraih oleh Australia (Louise Bawden/Taliqua Clancy) yang di Final membungkam pasangan Tiongkok (Wang Fan/Yuan Yue) lewat straigh set 2-0 (21-17, 21-19). (ndy)

Daftar Peringkat Kejuaraan Asia Bola Voli Pantai Senior 2017
Putra:
1. IRAN 1 (Rahman Raoufi/Bahman Salemi)
2. INDONESIA 1 (Ade Candra/Mohammad Asfiya)
3. AUSTRALIA 1 (Chris McHugh/Damien Schuman)

Putri:
1. AUSTRALIA 2 (Louise Bawden/Taliqua Clancy)
2. TIONGKOK 1 (Wang Fan/Yuan Yue)
3. AUSTRALIA 1 (Phoebe Bell/Nicole Laird)

Last Updated ( Friday, 21 April 2017 )
 
Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=