Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Manca Negara arrow Rusia Mencatat Sejarah Baru, Tumbangkan Brazil di final
Skip to content

Login Form






Lost Password?

Visitors Counter Since 4 Feb 2012

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday854
mod_vvisit_counterYesterday1888
mod_vvisit_counterThis week9581
mod_vvisit_counterThis month13450
mod_vvisit_counterAll6440104

sloganvoli.jpg

Rusia Mencatat Sejarah Baru, Tumbangkan Brazil di final PDF Print E-mail
Written by marto   
Friday, 17 November 2006

OSAKA, (PR).-
Tim Rusia tampil sebagai juara dunia setelah mengalahkan tim favorit Brasil melalui pertarungan lima set pada final Kejuaraan Dunia Bola Voli Putri yang berlangsung di Osaka Jepang, Kamis (16/11).

Ekaterina Gamova mencetak poin tertinggi dengan 28 angka disusul Lioubov dengan 19 angka untuk membawa Rusia unggul 3-2 (15-25, 25-23, 25-18, 20-25, 15-13). Gelar juara dunia itu merupakan yang pertama bagi Rusia sejak terakhir mereka merebutnya pada 1990 yang saat itu masih menggunakan nama Uni Soviet. Soviet juga pernah menjadi juara pada 1952, 1956, 1960, dan 1970.

"Kemenangan ini sangat berarti, karena ini menjadi medali pertama bagi Rusia setelah tiga kali meraih perunggu. Setelah kami memakai nama Rusia, kami belum pernah tampil sebagai juara. Baru sekarang hal itu bisa terulang lagi. Gelar ini sangat penting bagi kami," kata Kapten Rusia, Natalia Safranova.

Setelah terlambat start pada set pertama, para pemain Rusia mulai menemukan ritme permainannya pada set kedua. Mereka kemudian sempat kehilangan set keempat, namun bisa bangkit kembali pada set penentuan.

Gamova yang memiliki tinggi 2,02 meter memastikan kemenangan timnya, setelah Rusia sempat tertinggal 13-12 untuk bisa membalas kekalahan mereka atas Brasil pada final Grand Prix, musim panas lalu. Tim voli putri Brasil, juga tengah mengincar gelar juara dunia pertamanya.

Pelatih Rusia kelahiran Italia, Giovanni Caprara memuji penampilan tim asuhannya. "Kami bisa memenangi gelar ini untuk pertama kali dalam 16 tahun karena kami memiliki tiga pemain berkualitas (Elena) Godina, Gamova, dan Shashkova. Ketiganya memiliki motivasi yang kuat dan tanpa hal itu tidak mungkin semuanya akan berjalan baik," kata Caprara.

Sementara bagi Brasil, kekalahan tersebut adalah yang pertama kali dalam turnamen itu. Pelatih Brasil, Jose Roberto Guimaraes mengaku kecewa walaupun ia tetap memuji penampilan para pemainnya.

"Mereka memperlihatkan perjuangan keras di lapangan. Mereka menampilkan segalanya pada set penentuan dan saya pikir dalam situasi seperti itu sulit sekali menentukan tim mana yang akan menang ataupun kalah," kata Guimaraes.

Serbia menang

Sementara itu, pada perebutan medali perunggu, Serbia-Montenegro, yang federasi bola volinya akan berpisah setelah kejuaraan dunia itu, mengalahkan juara bertahan Italia, 3-0 (25-22, 25-22, 25-21). Prestasi tersebut termasuk luar biasa bagi tim yang menempati peringkat 30 dunia dan tampil pertama kalinya pada ajang kejuaraan dunia sejak 1978.

"Saya sangat puas dengan hasil ini. Ini adalah pertama kalinya kami tampil pada ajang yang sangat penting. Sangat sulit untuk bisa mengalahkan tim yang sama dua kali dalam waktu singkat, terlebih mengalahkan juara dunia," kata Pelatih, Zoran Terzic.

Setelah mengalami kekalahan pada pertandingan pembuka dan terakhir dari Serbia dan Montenegro, Pelatih Italia, Massimo Barbolini mengakui sudah memprediksikan hal tersebut. "Setelah berakhirnya putaran kedua lalu saya mengatakan bahwa Serbia bukanlah kejutan namun sebuah kenyataan dalam turnamen ini. Hari ini mereka menunjukkan fakta tersebut," kata Barbolini, yang merupakan pelatih sementara Italia. (AP/FIVB/A-126)***

Last Updated ( Friday, 17 November 2006 )
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=