Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow PIala Asia arrow Indonesia Gulung Thailand 3-2
Skip to content

Login Form






Lost Password?

Visitors Counter Since 4 Feb 2012

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday228
mod_vvisit_counterYesterday1691
mod_vvisit_counterThis week5780
mod_vvisit_counterThis month37700
mod_vvisit_counterAll5518515

sloganvoli.jpg

Indonesia Gulung Thailand 3-2 PDF Print E-mail
Written by marto   
Tuesday, 04 September 2007

Langkah awal yang baik ditorehkan Timnas Indonesia. Melalui pertarungan sengit 5 set (3-2), Joni dan kawan2 menghempaskan Thailand yang pada 3 pertandingan sebelumnya ( di babak penyisihan) tak terkalahkan.

Turun dengan starter Rudy, Jony, affan, Didi,Joko M,Rivi dan fadlan sbg libero, Timnas langsung memainkan permainan bervariasi yg cepat dan rapi. Bola2 quick dari affan dan joni berhasil mengacaukan block thailand.hal ini memudahkan Open spiker utk menhunjamkan smash2nya menembus pertahanan dan menuai point. Namun pemain2 thailand yang secara moral lebih unggul karena dengan komposisi pemain saat ini mereka lbih sering menang lawan Indonesiapun tampil cukup merepotkan. Bola-bola open dari Supachai sulit dibendung dan menjadi lahan point bagi tim thailand. Pergeseran angka berlangsung alot karena kedua tim hampir selalu sukses menghunjamkan serangan ke daerah lawan. Di saat kritis, "keuntungan" diperoleh Timnas. salah satu andalan thailand cedera engkel sehingga cukup mengurangi kekuatan mereka. Set pertamapun dimenangkan Ina dengan skor tipis 25-23.

Awal set kedua, permainan  bola-bola cepat Indonesia masih cukup mendominasi dan berhasil memporak-porandakan block lawan. Akibatnya, satu blocker lawan pasti "tertarik" mengawal quicker INA sehingga penjagaan terhadap open spiker menjadi longgar. Rudy, Rivi, Joko berulang kali sukses menambah point. Sayang, disaat- point ketat, servis Rudy beberapa kali nyangkut dan memberi angin segar buat kubu thailand. Pressure Timnas menjadi kendor, dan set ke 2 justru dimenangkan thailand dengan skor 25-22.

Set ke 3 kembali Indonesia bermain cantik dan efektif. Joni S beberapa kali terlihat bermain diluar spesialisasinya sbg quicker. Beberapa kali dia sukses melakukan smash open, sebuah serangan yang tidak di duga oleh blocker thailand dan sukses mengecoh lawan. Rudy tirtana pun set ini tampil memukau dengan smash 3 meternya yang sering menghunjam keras ke daerah pertahanan lawan. Set ini menjadi milik Indonesia dengan skor 25-19.

Kendor dan telah terbaca. Itulah kunci lepasnya set ke-4. Penyerang bola2 quick jarang dioptimalkan, sehingga blocker lawan lbh mudah berkonsentrasi menjaga open spiker, eranganpun bs diantisipasi lawan. Sebaliknya Open spiker thailan surachai bermain luar biasa dan hampir selalu lolos menghasilkan poin. Di akhir set 4 ini Mr. Huxin yu menggantikan Joko dengan Nur W namun tidak menolong. Indonesia kalah dan pertandingan dilanjutkan sampai set ke 5.

Sebuah langkah jitu diterapkan pelatih Indonesia di set ke 5. Menyadari lolosnya pemain2 open thailand diantaranya karena kurang optimalnya block didi irwandi, Saat didi di depan Mr Hu memainkan Brian yg lebih jangkung dari Didi untuk meningkatkan block, posisi tosser diperankan oleh erwin rusni menggantikan pemain lain dr posisi belakang. jurus ini ternyata cukup ampuh membendung serangan dan Indonesia berhasil menekuk thailand di set ke 5 dengan 15-12. Skorpun 3-2 untuk Indonesia.

Volimania menyambut gembira
Kemenangan ini disambut meriah oleh volimania Indonesia. Ungkapan bahagiapun beredar melalui sms sesama volimania yg berasal dari balikpapan, Bali, malang, jabodetabek, jawa barat dan kota-kota lainnya. Mereka siap  mendukung habis tim Indonesia pada  partai kedua besok melawan Taiwan. ya, diatas kertas melawan Taiwan ini peluang Indonesia masih terbuka dibanding menghadapi Cina pada partai rabu Lusa. Jika sukses  mendulang 2x kemenangan awal, diharapkan peluang mencapai target 6 besar bisa tercapai sehingga INdonesia berpotensi berkiprah di olimpade. Setidaknya, ini akan meningkatkan spirit dan rasa percaya diri pemain timnas yang rata-rata masih dibawah 25 tahun. Tentu saja kita berharap ponggawa voli Indonesia ini bisa menggulung Itran atau australia. Mr. Hu selalu bersikap merendah dengan mengatakan target 6 besar sangat berat. Tahu dirikah Mr. Hu? atau seorang yang realistis? rasanya memang lbh baik kita bersikap realistis dari pada mengumbar janji dan membuat frustasi. Kita harapkan tim Indonesia masuk 6 besar, sukur2 bs lebih tinggi lagi. Namun jika tidak tercapai tak perlu mencaci, tim kita masih perlu jam terbang untuk meninkatkan skill, kekompakan dan kematangan mental.  semoga harapan ini bisa tercapai. amin

Hasil-hasil lain

sementara itu hasil2 pertandingan lain adalah : Korea selata menang telak 3-0 atas Iran (27-25, 28-26, 25-21), Australia menang tipis 3-2 atas Jepang. Sampai  berita ini diturunkan, pertandingan antara Cina dan taiwan sedang berlangsung. Akankah ini memberi keuntungan lg buat Indonesia? Dengan berkurangnya jam tidur Taiwan yg harus main jam 21 ini, maka recovery mereka berpotensi belm sempurna saat lawan Indonesia. AH, tapi lebih baik kita berfikir bahwa meeka akan fit sehingga tidak gegabah dan ceroboh. (marto)

Last Updated ( Tuesday, 04 September 2007 )
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=