Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Profil Pemain arrow Ayip Rizal, Baru 2 Tahun Berlatih
Skip to content

Login Form






Lost Password?

Visitors Counter Since 4 Feb 2012

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday260
mod_vvisit_counterYesterday1691
mod_vvisit_counterThis week5812
mod_vvisit_counterThis month37732
mod_vvisit_counterAll5518547

sloganvoli.jpg

Ayip Rizal, Baru 2 Tahun Berlatih PDF Print E-mail
Written by marto   
Saturday, 08 September 2007

ayip 

.

Dalam dua pertandingan awal Indonesia dalam Sampoerna Hijau Voli Kejuaraan Asia ke-14, Ayip Rizal tak diturunkan pelatih Hu Xinyu. Saat itu open spiker I Nyoman Rudi Tirtana tampil cemerlang menggedor pertahanan Thailand dan Taiwan

Kesempatan datang pada Ayip ketika Rudi tak tampil dalam performa terbaik di gim ketiga melawan Cina. Set kedua, Hu memasukkan Ayip.

Melawan raksasa voli dunia macam Cina ternyata tak membuat Ayip gentar. Ia justru tampil cemerlang. Smesnya kerap menembus pertahanan lawan, padahal inilah debut dia di tim nasional di depan penggemar bola voli Indonesia.

“Saya tidak grogi. Justru melawan tim tangguh seperti Cina motivasi saya bertambah,” kata pemain terjangkung di tim nasional Indonesia (193 cm) itu.

Ayip hampir bersamaan turun dengan toser kawakan Erwin Rusni, yang menggantikan Didi Irwandi. “Saya sudah bilang ke Ayip, kalau diturunkan jangan takut, main berani saja. Itu yang dilakukannya,” kata Erwin.

Ayip gembira diberi kesempatan dan kepercayaan. “Tapi bukan hanya saya yang bagus, teman-teman juga bermain bagus,” sebutnya.

Asisten pelatih Machfud Irsyada pun senada. “Ayip memang bagus, tapi voli adalah permainan tim. Rekan lain juga memberi dukungan,” katanya.

Sebelumnya sang pelatih memang menyebutkan 12 pemain yang ada adalah pemain utama. Mereka harus selalu siap diturunkan. Ayip sudah membuktikan kesiapan.

“Bermain atau tidak adalah keputusan pelatih. Jika diberi kepercayaan kami pasti berusaha mengeluarkan segala kemampuan,” ujarnya.

Basket

Ayip termasuk terlambat menggeluti voli. Dia baru dua tahun berlatih bersama Samator. “Sebelumnya saya bergabung dengan klub bola basket Bank Mandiri Banjarmasin. Itu pun belum pernah bertanding, hanya jadi cadangan,” katanya.

Pemandu bakat menemukan bibit potensial ini. Ayip pun bergabung dengan Samator. Ia sudah dimasukkan dalam daftar pemain Samator menghadapi Proliga tahun tersebut walau hanya menjadi cadangan abadi.

Polesan Hu Xinyu terus mengembangkan kemampuannya. Ayip menjadi bagian penting ketika Samator merajai Proliga tahun ini. Ia pun terpilih bersama enam pemain Samator lain.

Tahun ini, sasaran utama tim nasional adalah SEA Games di Thailand bulan Desember nanti. Bagi Ayip bersama sejumlah pemain inilah SEA Games pertama bagi mereka. Hanya empat pemain pernah merasakan pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut.

“Kami ingin memberikan yang terbaik di SEA Games nanti. Namun, saat ini konsentrasi tim adalah meraih prestasi tertinggi di kandang sendiri,” ucapnya.

Ya, terus berusaha, siapa tahu tiket kualifikasi Olimpiade di Jepang tahun depan bisa kita raih. (Roosyudhi Priyanto/Foto: Peksi Cahyo/BOLA) 

AYIP RIZAL
-------------------------------
Lahir: Banjarmasin, 15 September 1984
Postur: 193 cm/75 kg
Spike: 340 cm
Blok: 314 cm
Ayah: Wagiman
Ibu: Suci Harwati
Klub asal: Samator (sejak 2005)

Last Updated ( Wednesday, 27 November 2013 )
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=