Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Profil Pemain arrow Yolla Berharap Kesempatan Kedua
Skip to content

Login Form






Lost Password?

Visitors Counter Since 4 Feb 2012

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1475
mod_vvisit_counterYesterday1503
mod_vvisit_counterThis week8491
mod_vvisit_counterThis month38843
mod_vvisit_counterAll7004193

sloganvoli.jpg

Yolla Berharap Kesempatan Kedua PDF Print E-mail
Written by Luth Uyek Fahlawa   
Thursday, 24 June 2010
  Oleh Didit Putra Erlangga

(Kompas) Di lantai lima Pasar Kosambi, Bandung, Yolla Yuliana (16) bisa ditemui saat berlatih bola voli. Setiap hari kerja dia berlatih di aula milik klub voli Alko tersebut. Tidak sulit mencari Yolla di antara para atlet Alko karena postur tubuhnya yang terbilang bongsor untuk gadis seusianya, yakni setinggi 180 sentimeter.

-- photo : dok. pribadi --

Dalam usia remaja, prestasi Yolla sebagai atlet bola voli yunior terhitung cukup mencorong, antara lain dua kali turut serta dalam kompetisi bola voli nasional tertinggi, Proliga. Tahun 2008 putri pasangan Mira Mutiara-Alan Cherlan ini dua kali memperkuat tim nasional Indonesia dalam kejuaraan bola voli pelajar tingkat Asia dan Asia Tenggara.

Sembari menyeka keringat yang membasahi dahinya, Yolla meluangkan waktu di sela latihan untuk menceritakan persiapannya menghadapi Asian Youth Girls' Volleyball Champioship 2010 yang berlangsung 16 Juni. Dia juga mengisahkan kegagalannya membela Indonesia dalam SEA Games 2009 di Thailand dan tidak lupa menyelipkan keinginan untuk menebusnya pada SEA Games 2011.

Awalnya nama Yolla sudah masuk kontingen Indonesia untuk berlaga dalam SEA Games 2009. Dia juga telah mengikuti pemusatan latihan nasional di Gresik, Jawa Timur, yang dijadwalkan selama enam bulan. Baru tiga bulan berjalan, Yolla mengundurkan diri dari pelatnas sehingga melayanglah kesempatan untuk mengharumkan Indonesia di kancah internasional.

Yolla yang saat itu berusia 15 tahun mengaku mundur karena minder sebagai atlet paling muda. Keputusan yang disesalinya kemudian. Untuk itu, dia mengaku siap mental dan fisik bila mendapatkan kesempatan kedua dalam SEA Games 2011. Alasan lain, pemusatan latihan bakal dilangsungkan di Jakarta sehingga tidak bakal sejauh Gresik.

Bakat

Kiprah Yolla di bola voli tidak lepas dari peran ibunya, Mira Mutiara. Mira adalah pebola voli yang pernah berlaga dalam Pekan Olahraga Nasional. Mira memperkenalkan Yolla pada olahraga ini dan ikut aktif mengatur program latihan fisik. Mira juga menjadi pengurus klub Alko, tempat Yolla bernaung.

Kiprah Yolla dimulai tahun 2006 saat dia ikut serta dalam SDN Banjarsari Cup. Dia beruntung bisa menikmati SD yang sangat gemar mengembangkan bola voli hingga sekarang. Berkat prestasi olahraga yang cemerlang, dia bisa melanjutkan sekolah ke SMPN 5 Bandung.

"Saya bukanlah siswi dengan nilai akademis yang menonjol, tapi saya ingin menonjol dari sisi prestasi olahraga," ujar siswi SMAN 10 Bandung ini.

Menjadi bagian dari sebuah tim voli yang terdiri dari enam pemain, Yolla mengaku lebih optimal bila berperan sebagai open spiker. Tubuh tingginya cukup membantu untuk mengimbangi permainan rekannya yang lebih dewasa.

Disinggung mengenai rencana masa depannya, Yolla justru mengungkapkan keinginan untuk belajar di bidang pariwisata. Dia berencana melanjutkan jenjang pendidikan ke Akademi Pariwisata NHI Bandung.

Bagaimana dengan keluarga? Dia malah tidak berencana melepas masa lajang terlalu cepat seperti kebanyakan temannya yang sudah menikah di usia 20 tahun. Alasannya, banyak pemain voli perempuan yang pamornya meredup begitu menikah, apalagi melahirkan. Apakah ini berarti Yolla memilih melajang sampai beberapa tahun ke depan? Dia hanya tertawa terbahak-bahak. Waduh".  

Last Updated ( Thursday, 16 December 2010 )
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=