Skip to content

martoloyo simbah

Narrow screen resolution Wide screen resolution Increase font size Decrease font size Default font size    Default color brown color green color red color blue color
You are here: Beranda arrow Berita arrow Profil Pemain arrow Yusuf Prihantono, Pelatih Baru Voli Gresik Petrokimia
Skip to content

Login Form






Lost Password?

Visitors Counter Since 4 Feb 2012

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1387
mod_vvisit_counterYesterday1503
mod_vvisit_counterThis week8403
mod_vvisit_counterThis month38755
mod_vvisit_counterAll7004105

sloganvoli.jpg

Yusuf Prihantono, Pelatih Baru Voli Gresik Petrokimia PDF Print E-mail
Written by marto   
Wednesday, 11 August 2010

Sinergikan Pembinaan, Bidik Divisi Utama Livoli

[ Jawapos, Senin, 09 Agustus 2010 ] Klub Voli Gresik Petrokimia memiliki pelatih baru. Hanya, kali ini bukan pelatih asing yang dipilih, melainkan pelatih lokal, Yusuf Prihantono. Bagaimana cerita terpilihnya dan siapakah dia?

SEPERTI biasa, Senin sore (2/8) itu tim Petro -sebutan Gresik Petrokimia- melakoni latihan rutin di GOR Tri Dharma Petrokimia, Gresik. Beberapa pemain binaan klub milik salah satu BUMN itu terlihat serius melaksanakan instruksi sang pelatih yang berbeda.

Ya, dia adalah Yusuf -panggilan akrab Yusuf Prihantono. Walaupun mungkin masih asing terdengar, ternyata dia adalah salah satu maestro tim voli pria Petro di masanya.

''Saya adalah pemain generasi awal waktu klub Petro mulai berdiri. Maklum kalau orang mungkin sudah banyak yang lupa,'' kata pria yang baru saja genap berusia 52 tahun itu.

Terpilihnya dia bukan tanpa alasan yang jelas. Petro ingin membenahi kondisi tim. Melihat prestasi yang tak kunjung membaik, pengurus klub Petro akhirnya berinisiatif melakukan sarasehan bersama semua mantan pengurus dan pemain voli Petro. Tujuannya, membicarakan dan memberikan jalan keluar agar prestasi Petro bisa meningkat di kancah kompetisi voli dalam negeri.

''Saat itu disepakati untuk merombak semua struktur pelatih. Selain itu, model pembinaan dimaksimalkan. Hasilnya, kok saya akhirnya yang ditunjuk,'' ceritanya.

Menurut Yusuf, langkah itu diambil karena pengurus ingin melibatkan semua SDM perusahaan yang sebelumnya sempat berkecimpung di klub Petro dan mengukir prestasi bagus. Pasalnya, pengurus mulai ragu dengan kinerja pelatih asing yang kurang mumpuni dalam memoles Novia Andrianti dkk.

Ya, saat klub asal Kota Pudak -julukan Gresik- ditangani pelatih asal Tiongkok Qi Lixia, prestasinya hanya mentok di peringkat tiga ajang Proliga. Padahal, Petro telah mendatangkan pemain asing yang dipadukan dengan dua penggawa timnasnya.

Walaupun tidak aktif lagi melatih, Yusuf adalah salah seorang pengurus klub voli yang bermarkas di GOR Tri Dharma, Gresik, tersebut. Dengan begitu, secara otomatis dia terus mengawasi perkembangan timnya.

Pria yang rambutnya mulai memutih itu menilai cara melatih Lixia -panggilan akrab Qi Lixia- menjadi penyebab tidak maksimalnya hasil latihan.

''Pemain kita kan masih muda-muda. Mereka tidak biasa dimarah-marahi. Kultur di sini kan berbeda dengan di negaranya sana, makanya pemahaman mereka jadi kurang maksimal,'' tandasnya.

Ke depan, Yusuf memiliki program latihan jangka panjang. Dia ingin menyinergikan pembinaan yang selama ini telah digagas. Dengan demikian, pembibitan yang dilakukan tidak sia-sia karena pemain yang sudah bagus berpindah klub.

Nah, untuk tujuan jangka pendek, dia membidik ajang Livoli yang biasanya digelar pada Desember. ''Tim ini harus lolos ke Divisi Utama. Petro harus bisa menjadi juara karena lawan levelnya masih kalah,'' ucap Yusuf.

Karena itu, dia akan memaksimalkan waktu yang hanya sekitar tiga bulan untuk menggembleng kemampuan fisik anak didiknya. Dalam pandangan ayah dua anak itu, titik lemah Petro adalah kemampuan fisik tersebut. (*/c2/ko)

Nama: Yusuf Prihantono

Lahir: Gresik, 10 Juni 1958

Hobi: Touring

Istri : Indah Dyah W.

Anak: Rifty Nur Annisa, 19

Ahmad Dwi Setyawan, 16

Last Updated ( Wednesday, 11 August 2010 )
 
< Prev   Next >
Top .clearfix { display: inline-block;} !-- BEGIN: SPOTLIGHT -- 1); /*screen tool*/ ??php if ( mosCountModules( 'left' ) || ($subnav) ) { ? !-- BEGIN: LEFT SIDE --Contentja-cert src=